Contoh Soal Pilihan Ganda Kompleks Kelas 6 SD


Contoh Soal Pilihan Ganda Kompleks untuk Kelas 6 SD: Panduan Komprehensif

Hai, siswa-siswi kelas 6 SD yang luar biasa! Apakah kalian siap untuk menguji kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konseptual kalian? Artikel ini akan menyajikan pilihan soal pilihan ganda kompleks yang dirancang khusus untuk menantang intelek kalian. Melalui pembahasan yang mendalam dan arahan praktis, kalian akan dapat menavigasi soal-soal ini dengan percaya diri dan sukses.

1. Soal 1: Memahami Struktur Teks

Sebuah teks terdiri dari beberapa paragraf. Setiap paragraf biasanya berisi satu ide utama, yang diikuti oleh beberapa kalimat pendukung yang menjelaskan atau memberikan contoh ide tersebut. Urutan paragraf dalam sebuah teks seringkali mengikuti pola tertentu, seperti kronologis, komparatif, atau sebab-akibat. Identifikasi struktur teks membantu pembaca memahami alur dan hubungan antar ide.

Contoh:
Teks berikut terdiri dari berapa paragraf?

Teks:

Burung adalah sekelompok hewan vertebrata yang memiliki bulu, paruh yang tidak bergigi, dan bertelur. Sayap mereka yang kuat memungkinkan mereka terbang, yang merupakan ciri khas yang membedakannya dari hewan lain. Burung ada dalam berbagai ukuran, dari burung kecil seperti kolibri hingga burung besar seperti burung unta.

(A) 1

(B) 2

(C) 3

(D) 4

Pembahasan:
Teks tersebut terdiri dari 3 paragraf, yaitu:

Paragraf 1: Definisi burung

Paragraf 2: Ciri-ciri burung

Paragraf 3: Jenis-jenis burung

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah (C) 3.

2. Soal 2: Menganalisis Hubungan Sebab-Akibat

Hubungan sebab-akibat menjelaskan hubungan antara peristiwa atau tindakan yang menyebabkan terjadinya peristiwa atau tindakan lain. Dalam sebuah teks, hubungan sebab-akibat dapat dinyatakan secara langsung atau tersirat. Mengidentifikasi hubungan sebab-akibat membantu pembaca memahami urutan peristiwa dan memprediksi hasil.

Contoh:
Manakah dari pernyataan berikut yang menyatakan hubungan sebab-akibat?

(A) Burung terbang karena memiliki sayap.

(B) Hujan turun karena langit berawan.

(C) Saya pergi ke sekolah karena saya harus belajar.

(D) Daun jatuh karena musim gugur.

Pembahasan:
Pernyataan yang menyatakan hubungan sebab-akibat adalah:

(A) Burung terbang karena memiliki sayap.

(B) Hujan turun karena langit berawan.

Kedua pernyataan ini menjelaskan bahwa peristiwa pertama (memiliki sayap, langit berawan) menyebabkan peristiwa kedua (terbang, hujan turun).

3. Soal 3: Menafsirkan Bahasa Figuratif

Bahasa figuratif adalah penggunaan kata atau frasa yang bukan dalam arti sebenarnya untuk menciptakan efek yang lebih hidup atau berkesan. Bahasa figuratif umum digunakan dalam puisi, sastra, dan bahkan percakapan sehari-hari. Menafsirkan bahasa figuratif membantu pembaca memahami makna yang lebih dalam atau tersembunyi.

Contoh:
Apa makna dari bahasa figuratif berikut: “Hatinya teriris”?

(A) Sesungguhnya jantungnya terluka.

(B) Ia merasa sangat sedih.

(C) Ia mengalami serangan jantung.

(D) Ia mengalami cedera fisik.

Pembahasan:
Makna dari bahasa figuratif “hatinya teriris” adalah:

(B) Ia merasa sangat sedih.

Frasa ini secara harfiah tidak berarti bahwa jantung seseorang benar-benar teriris, melainkan menggambarkan rasa sakit emosional yang mendalam.

4. Soal 4: Mengevaluasi Kredibilitas Sumber

Kredibilitas sumber mengacu pada seberapa dapat dipercaya dan akurat informasi yang disajikan. Mengevaluasi kredibilitas sumber sangat penting untuk memastikan bahwa informasi yang kita terima benar dan dapat diandalkan. Mempertimbangkan faktor-faktor seperti otoritas, bias, dan waktu penerbitan membantu pembaca membuat penilaian yang tepat tentang kredibilitas sebuah sumber.

Contoh:
Manakah dari sumber berikut yang paling kredibel untuk informasi tentang perubahan iklim?

(A) Artikel berita dari situs web yang tidak dikenal

(B) Laporan ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal yang telah ditinjau oleh rekan sejawat

(C) Postingan media sosial dari seorang teman

(D) Iklan dari perusahaan bahan bakar fosil

Pembahasan:
Sumber yang paling kredibel adalah:

(B) Laporan ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal yang telah ditinjau oleh rekan sejawat

Laporan ilmiah umumnya ditulis oleh para ahli di bidangnya dan telah melalui proses peninjauan yang ketat untuk memastikan akurasi dan keandalan.

5. Soal 5: Menyimpulkan Informasi

Kesimpulan merupakan pernyataan yang merangkum poin-poin penting atau ide-ide utama dari sebuah teks. Membuat kesimpulan membantu pembaca memahami isi teks secara keseluruhan dan menarik kesimpulan yang bermakna. Meringkas informasi dapat dilakukan menggunakan berbagai teknik, seperti mengidentifikasi kata kunci, membuat catatan, dan menulis ulang informasi dengan kata-kata sendiri.

Contoh:
Buatlah kesimpulan untuk teks berikut:

Teks:

Fotosintesis adalah proses yang dilakukan oleh tumbuhan hijau untuk mengubah energi cahaya menjadi energi kimia. Tumbuhan menggunakan energi kimia ini untuk membuat makanan mereka sendiri, seperti glukosa. Fotosintesis terjadi di dalam kloroplas, organel yang terdapat di sel tumbuhan. Proses fotosintesis membutuhkan cahaya, karbon dioksida, dan air. Hasil dari fotosintesis adalah glukosa dan oksigen.

Kesimpulan:

Fotosintesis adalah proses yang sangat penting karena merupakan cara tumbuhan membuat makanan mereka sendiri dan menghasilkan oksigen yang kita butuhkan untuk bernapas. Tumbuhan menggunakan energi cahaya untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi glukosa, yang merupakan sumber energi bagi tumbuhan.

6. Soal 6: Menerapkan Strategi Membaca

Strategi membaca adalah teknik atau pendekatan yang membantu pembaca memahami dan memproses informasi dalam sebuah teks. Berbagai strategi membaca dapat digunakan, seperti membaca sekilas, membaca mendalam, dan SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Menerapkan strategi membaca yang tepat dapat meningkatkan pemahaman dan retensi informasi.

Contoh:
Strategi membaca apa yang paling cocok untuk memahami teks yang kompleks dan penuh informasi?

(A) Membaca sekilas

(B) Membaca mendalam

(C) SQ3R

(D) Membaca nyaring

Pembahasan:
Strategi membaca yang paling cocok adalah:

(C) SQ3R

SQ3R adalah strategi komprehensif yang melibatkan mensurvei teks, mengajukan pertanyaan, membaca dengan hati-hati, melafalkan informasi, dan meninjau apa yang telah dibaca. Strategi ini sangat efektif untuk memahami teks yang kompleks dan penuh informasi.

7. Soal 7: Memahami Kosakata Tingkat Lanjut

Kosakata tingkat lanjut mengacu pada kata-kata yang kompleks dan jarang digunakan yang tidak umum diketahui oleh pembaca muda. Memahami kosakata tingkat lanjut sangat penting untuk memahami teks yang lebih kompleks dan memperluas keterampilan berbahasa. Menggunakan kamus, glosarium, atau sumber daya online dapat membantu pembaca memperluas kosakatanya.

Contoh:
Apa arti dari kata “enigma”?

(A) Rahasia

(B) Teka-teki

(C) Misteri

(D) Semua jawaban benar

Pembahasan:
Arti dari kata “enigma” adalah:

(D) Semua jawaban benar

Enigma dapat merujuk pada rahasia, teka-teki, atau misteri yang sulit untuk dipahami.

8. Soal 8: Meningkatkan Pemahaman melalui Penulisan

Penulisan dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan pemahaman tentang sebuah teks. Dengan menuliskan ringkasan, catatan, atau refleksi, pembaca dapat memproses informasi dengan lebih dalam dan mempertahankan pemahaman mereka untuk jangka waktu yang lebih lama. Menulis juga membantu pembaca mengidentifikasi ide-ide utama, membuat koneksi, dan mengekspresikan pemahaman mereka dalam bentuk yang terorganisir.

Contoh:
Bagaimana menulis catatan dapat membantu meningkatkan pemahaman tentang sebuah teks?

(A) Membantu pembaca mengidentifikasi ide-ide utama

(B) Memfasilitasi organisasi informasi

(C) Meningkatkan retensi informasi

(D) Semua jawaban benar

Pembahasan:
Menulis catatan dapat membantu meningkatkan pemahaman tentang sebuah teks dengan cara:

(D) Semua jawaban benar

Soal Pilihan Ganda Kompleks Kelas 6 SD

Bagian 1: Matematika

1. Sebuah taman berbentuk persegi dengan panjang sisi 20 meter. Di tengah taman terdapat kolam berbentuk lingkaran dengan diameter 14 meter. Berapakah luas bagian taman yang bukan kolam?

(A) 264 m2 (B) 336 m2 (C) 400 m2 (D) 496 m2

Bagian 2: Bahasa Indonesia

2. Bacalah teks berikut:

“Harimau merupakan hewan yang dilindungi. Namun, populasinya terus menurun karena diburu untuk diambil kulit dan tulangnya. Selain itu, hilangnya habitat juga menjadi ancaman bagi kelestarian harimau.”

Ide pokok paragraf tersebut adalah…

(A) Populasi harimau terus menurun. (B) Harimau merupakan hewan yang dilindungi. (C) Harimau menghadapi ancaman kepunahan. (D) Perburuan dan hilangnya habitat mengancam harimau.

Bagian 3: IPA

3. Perhatikan gambar berikut:

Bagian yang berfungsi menyerap sari-sari makanan adalah…

(A) A (B) B (C) C (D) D

Kunci Jawaban

Matematika

1. (A) 264 m2

Bahasa Indonesia

2. (C) Harimau menghadapi ancaman kepunahan.

IPA

3. (A) Usus halus

Dapatkan Soal Pilihan Ganda Kelas 6 SD Sekarang!

File Contoh Soal Pilihan Ganda Kompleks

Dapatkan file contoh soal pilihan ganda kompleks untuk siswa kelas 6 SD. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang materi pelajaran yang telah dipelajari.

Cara Mendapatkan File

Untuk mendapatkan file contoh soal, silakan hubungi:

Bapak Andi

Nomor Telepon: 085864490180

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *